Indosterling
0

LOKAMEDIA APLIKASI POWERED BY INDOSTERLING

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini telah menjadi bahasan banyak pihak dan berbagai upaya membantu mereka telah diluncurkan. UMKM bahkan telah menjadi agenda pemerintah baik pusat maupun daerah melalui berbagai skema, berupa bantuan permodalan hingga teknis. Kalangan non pemerintah juga telah banyak membantu memberdayakan kalangan pengusaha UMKM. Namun demikian ternyata UMKM  masih kerap […]

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini telah menjadi bahasan banyak pihak dan berbagai upaya membantu mereka telah diluncurkan. UMKM bahkan telah menjadi agenda pemerintah baik pusat maupun daerah melalui berbagai skema, berupa bantuan permodalan hingga teknis. Kalangan non pemerintah juga telah banyak membantu memberdayakan kalangan pengusaha UMKM.

Namun demikian ternyata UMKM  masih kerap menghadapi kendala, salah satunya adalah  untuk mendapatkan pelanggan potensial atau pembeli. Pelaku UMKM mempoleh share pasar untuk produknya terbentur oleh kemampuan mengakses pasar yang terbatas.

Kondisi ini tak lepas dari pengamatan Sean William Hanley William Henley CEO Indosterling Group, yang mencoba mencarikan solusi persoalan ini. Setelah berdiskusi dengan berbagai pihak baik kolega dan pelaku UMKM, William memutuskan untuk membangun sebuah aplikasi sebagai solusi persoalan diatas, dengan meluncurkan Lokamedia. 

Lokamedia adalah Aplikasi besutan dari PT Indosterling Technomedia ini memudahkan penggunanya, menemukan barang atau jasa yang terdekat dari lokasi pencarian. Lokamedia sebuah hyperlocal directory yang akan menghubungkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan potential consumer/buyer mereka. Mobile application ini memudahkan penggunanya, menemukan barang atau jasa yang terdekat dari lokasi pencarian. 

Aplikasi yang lahir dari tangan PT Indosterling Technomedia, perusahaan milik Indosterling Group yang bergerak di industri teknologi informasi ini bukan sekadar directory engine melainkan diharapkan juga turut berperan menumbuhkan perekonomian terutama UMKM.

“Berbeda dengan e-commerce, Lokamedia bisa menjadi media komunikasi pemasaran, sesuai objektif dari setiap UMKM,” kata William Henley CEO Indosterling Group dalam siaran persnya.

Menurut William, dengan aplikasi directory engine ini pihaknya dapat turut berperan menumbuhkan perekonomian terutama UMKM. Lokamedia bahkan memberi coaching dan pendampingan bagi UMKM, lewat berbagai event, juga melalui kanal digital dan media social.

Untuk mempercepat diseminasinya, Lokamedia juga telah meresmikan  pembukaan Kantor Lokamedia Centre Bali di Jalan Mahendradata, Denpasar. “Teknologi inilah yang membuat Lokamedia menjadi media promosi dan publikasi efektif, efisien, dan terjangkau. Efektif karena UMKM bisa menentukan sendiri target yang diinginkan berdasarkan lokasi, juga efisien karena tidak ada spill-over target di luar objective UMKM, serta terjangkau karena dengan menggunakan Lokamedia sebagai sarana promosi dan publikasi, sehingga UMKM tidak perlu mengeluarkan biaya besar seperti jika beriklan secara tradisional,” jelas William Henley, founder Lokamedia.

Saat ini Lokamedia juga telah menggandeng Infobank untuk berkolaborasi mendukung tumbuh kembang UMKM yang lebih baik.Tujuannya memperluas jaringan dan membuka gerbang investasi dari penanam modal di lingkungan keuangan dan perbankan juga kepada UMKM.

Aplikasi LokaMedia, telah tersedia di Google Play Store sejak April 2014 dan melakukan pembaruan di Agustus 2015. Bila mengunduh aplikasi ini, pengguna android dapat memanfaatkannya untuk menemukan barang/jasa yang dibutuhkan, dalam radius 0-20 km, dan penawaran terbaik dari UMKM di sekitarnya.

 “Selain Jakarta, kantor Lokamedia di Bali ini adalah cabang pertama dan selanjutnya akan diikuti dengan pembukaan kantor lainnya di Yogyakarta dan Bandung. Tiga kota besar di Indonesia ini sengaja dipilih, karena merupakan sentra-sentra UKM di Indonesia,” ujar William Henley, didampingi Robby Wijono, ST., selaku Branch Manager Lokamedia Bali.

Saat ini di Indonesia lebih dari 150 ribu-an pelaku bisnis telah  terdaftar di Lokamedia dan targetnya dua tahun mendatang terdaftar satu juta UMKM. Lokamedia juga memberikan pendampingan usaha bagi pelaku UMKM melalui berbagai support, tak hanya dalam bentuk platform digital, tetapi juga secara fisik mendampingi tumbuh kembang UMKM secara intensif melalui serangkaian program dan kegiatan.

Robby Wijono, menambahkan, Lokamedia juga berpartner dengan perbankan, selain bermitra dengan UKM,  sehingga dapat mengakselerasi usaha UKM yang bersangkutan. Kehadiran Lokamedia Bali diharapkan menjadi activity centre dan coaching clinic bagi UMKM Bali.

There are 0 comments

Leave a comment

Want to express your opinion?
Leave a reply!